haloowen

4.2.11

pengertian tanah

beberapa pendapat mengenai apa sih tanah itu????
   >>J.J Berzelius (swedia, 1803) tanah sebagai laboratorium kimia dimana terjadi proses dekomposisi dan reaksi kimia yang berlangsung secara tersembunyi. di sini tanah tidak dianggap sebagai alat produksi pertanian tetapi tempat berlangsungnya proses yang terjadi di alam.
   >> Justus von Liebig (Jerman, 1840) mengajukan teori tentang keseimbangan hara tanaman (theory balanchesheet of Plants Naturation), tanah dianggap tabung reaksi, dimana dapat diketahui jumlah dan jenis hara tanaman. Susunan kimia tanah merupakan kriteria bagi pelapukan tanah.
   >> Friedrich Fallau (1855), tanah dianggap sebagai hasil pelapukan oleh waktu yang menggerigiti batuan keras dan lambat laun mengadakan dekomposisi.
   >> E. Saifuddin Sarief (1986), tanah adalah benda alami yang terdapat di permukaan bumi yang tersusun dari bahan mineral sebagai hasil dari pelapukan batuan dan bahan organik sebagai hasil pelapukan sisa tumbuhan dan hewan, yang merupakan medium pertumbuhan tanaman dengan sifat-sifat tertentu yang terjadi akibat gabungan dari faktor-faktor alami, iklim, bahan induk, jasad hidup, bentuk wilayah dan lamanya waktu pembentukan.
   >>Thornburry (1957), tanah adalah bagian dari permukaan bumi yang ditandai oleh lapisan yang sejajar dengan permukaan sebagai hasil-hasil modifikasi oleh proses-proses biologis yang bekerja di bawah dan bekerja selama periode waktu tertentu.

nah, pada akhirnya, tanah dapat diartikan  berdasarkan kajian geografi tanah, yaitu menurut Dokuchaiev, bahwa tanah adalah lapisan terluar dari kontinen yang relatif tak padu sebagai akibat pelapukan batuan indukdi bawah kondisi iklim dan topografi tertentu yang mempunyai sifat dan ciri tertentu serta merupakan akibat dari kehidupan flora dan fauna yang persebarannya mengikuti zone-zone geografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar